Konsep WR (Wealth Ratio) dan Cashflow Kuadran Dari Robert T. Kiyosaki

Robert T.Kiyosaki, adalah seorang pengarang buku motivasi investasi. Ia mengelompkan kecendrungan seseorang dalam meraih penghasilan (kair finansial) kedalam 4 kuadran yang disebut “cashflow quadrant”

Kuadran E yaitu Employee (pekerja)

Pada kuadran E ini, pendapatan seseorang akan tergantung kepada majikannya. Ia hanya akan mampu “bekerja dengan setia” apabila dibayar dengan gaji yang tinggi. Dengan demikian, maka “nasib” dan “karirnya” pun juga akan tergantung pada “penilaian subyektif” sang majikan.

Kuadrant SE yaitu: Self Employee (Profesional)

Dimana pendapatannya akan tergantung seberapa keras ia bekerja. Semakin keras kerjanya, maka pendapatannya akan semakin banyak. Orang-orang dengan profesi dokter, pengacara, manajer perusahaan dan pengusaha bisnis pribadi sekala kecil adalah contoh mereka dari kuadran jenis SE ini.

Kuadran B yaitu Business (bisnis)

Dimana pendapatannya tidak tergantung pada kerja kerasnya secara langsung, tetapi dari “system bisnis” yang telah diciptakannya. Mereka yang berada pada kuadran ini tetap akan memperoleh penghasilan meskipun ia sedang berlibur jauh, karena system bisnisnya tidak mengharuskan mereka hadir secara fisik untuk menghasilkan uang. Sistem yang mereka ciptakan telah mampu membuat “orang lain bekerja untuk dirinya”.

Kuadran I yaitu Investor

Pada posisi tertinggi ini mereka tidak perlu bekerja lagi, tetapi “uanglah yang bekerja untuk mereka”. Para pemegang saham perusahaan Blue Chip dan tuan tanah property didaerah-daerah strategi adalah contoh dari para penghuni kuadran ini. Saham dan tanah yang mereka miliki setiap menitnya akan memberikan gain (keuntungan dari peningkatan nilai) secara konsisten. Inilah yang disebut passive income

Share
← Prev Project Back to Works